Home Artikel Tingkatkan Kualitas Ibadah, MIN 2 Pati Adakan Uji Kompetensi Ibadah

Tingkatkan Kualitas Ibadah, MIN 2 Pati Adakan Uji Kompetensi Ibadah

103
0

PATI – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Pati telah melaksanakan kegiatan uji kompetensi ibadah bagi siswa kelas VI. Materi Uji Kompetensi ibadah yg dilaksanakan meliputi praktek wudhu, praktik Shalat, praktek baca Al-Qur’an dan Hifdzu Asmaul Husna, Kamis (26/4/2018).

Kepala MIN 2 Pati Siti Aminah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur dan menilai seberapa besar kemampuan anak dalam menguasai amalan ibadah dan utk membekali peserta didik dalam menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari -hari sesuai dg syariat agama islam

Memilih praktek sholat sebagai salah satu mata uji di ujian praktek fiqih ini dimaksudkan agar siswa-siswi betul-betul trampil dan mampu melaksanakan shalat yang merupakan ibadah pokok dan salah satu tolok ukur kemampuan siswa dalam melaksanakan ibadah dan mengaplikasikan ilmunya ditengah-tengah masyarakat sebagai ciri khas siswa madrasah yaitu sekolah yang berbasis agama, ujar Aminah (begitu panggilan akrab Kepala MIN 2 Pati).

Dengan memanfaatkan salah satu ruang kelas sebagai tempat ujian praktek, siswa kelas VI satu-persatu mempraktekkan sholat Magrib. Ketika dikonfirmasi tentang alasan pemilihan praktek sholat sebagai mata uji ujian praktek fiqih, Aminah menuturkan, hal ini dilakukan selain untuk memberikan nilai bagi siswa pada ujian praktek, juga sebagai cara untuk mengevaluasi kegiatan sholat siswa, apakah sudah benar atau belum baik dari segi gerakan ataupun bacaannya, ujarnya.

Sholat adalah tiang agama, maka sholat haruslah dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan syari’at Islam. Jangan sampai siswa-siswi kita di mata masyarakat merupakan jebolan dari sekolah Islam, ternyata tidak bisa melaksanakan sholat dengan baik, tamdasnya.

Oleh karena itu, untuk memperaktekkan gerakan dan bacaan sholat sesuai dengan rukun sholat, maka apabila terdapat kesalahan dalam bacaan dan gerakan, maka kita akan benahi dan memberikan penjelasan yang benar.”ujar Aminah dengan penuh semangat memberikan bimbingan kepada siswa-siswinya.

Dalam kegiatan ini kami juga mengundang Bapak/ibu wali murid untuk mendampingi putra-putrinya agar bisa mengetahui secara lngsung seberapa besar kemampuan yang dikuasai putra- putrinya, imbuhnya.

Untuk dewan penguji kami hadirkan ustadz/ustadzah dari 8 Madin, Penghulu, TPQ, RA, MI, TK dan Fatayat yg ada di kecamatan Dukuhseti Pati. Semoga kegiatan ini dapat membentuk peserta didik yg taat dalam beribadah, dan menjadi putra -putri yang sholih sholihah, pungkas Aminah. (Athi’/bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here